contoh resensi buku (^_^)”

Judul resensi = Pahlawan dan Cerita Lainnya.
Resensator = Imron Wicaksono.
Pengarang = Karim Raslan
Penerbit = Yayasan Obor Indonesia
Tahun terbit = Agustus 2006
Halaman = 164 halaman

Seusai ledakan kerusuhan 13 Mei, abdi negara yang menjadi tokoh utama cerita Pahlawan mendapat amanat penting yang menentukan masa depan bangsa. Amanat itu, dan pengabdian teguhnya pada tanah air, menjadikannya sesosok pahlawan gagah berani di mata putri tunggalnya, Fariza. Sekian tahun kelak, ayah dan anak itu mengunjungi masa silam,menghidupkan kembali degup semangat dan pesona hari – hari bersejarah itu. Namun, setumpuk rahasia tetap tak terjawab. Siapa gerangan pemuda pincang yang dulu ditemui Fariza, dan hubungan apa yang menautkannya dengan sang Ayah? Ketika Fariza bergulat menyingkap jawab, ia menemukan betapa kebenaran sunggug tak sesedap yang dibayangkan.

Pahlawan dan Cerita Lainnya adalah bunga rampai delapan kisah moralitas yang menghadirkan potret penuh pukau dan warna tentang Malaysia modern. Berbekal rasa ironi dan humor hitam yang tajam, Karim Raslan menapak ranah masyarakat yang rapuh, resah dan limbung – sebuah dunia tempat penampakan bisa menipu, ketika permukaan yang gemerlap-membius mengemas kenyataan yang kelam kusam.

Digerakkan oleh bakat langka menata kisah dan watak, Karim Raslan menyajikan cerita yang dihidupkan oleh paduan erotisisme dan tilikan psikologis. Rentetan tokoh cerita yang menancap diingatan, hadir hidup disepanjang halaman, lewat sosok perempuan pengacara bertubuh tambun dan berdandan norak yang menemukan kekuatan dahsyat pesona seksualnya dipesta perkawinan adik perempuannya, pada sarjana muda perkebunan yang naif yang bergulat dengan jati dirinya di kawasan liar Sabah Timur; dan pada puan Datim yang hidup ditengah masyarakat penggemar gosip yang memergoki kenyataan pahit kehidupan pribadi tetangga barunya yang sangat tampan.

Dalam buku ini, ada beberapa kata yang sulit dipahami oleh pembaca seperti dalam kutipan berikut, “Nooralissa Firdaus ,bankir yang jelita”. Akan tetapi, kualitas kertas buku novel ini sangatlah bagus untuk pembacanya. Dalam buku ini mengandung unsur – unsur moralitas dan etika yang bagus sehingga cocok untuk kalangan pelajar SMP,SMA dan sederajat. Hanya saja penggunaan bahasa dalam buku ini terlalu baku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s